0 produk di keranjang belanja Anda

Tidak ada produk di keranjang.

8 Tips Untuk Meningkatkan Daya Pikir Anda

Bagibuku.or.id– Semakin bertambah usia, daya pikir seseorang akan semakin berkurang juga. Hal ini disebabkan karena otak sudah mulai kurang merespon sesuatu yang baru. Tapi bukan berarti orang yang sudah tua mempunyai daya pikir yang lemah. Karena masih banyak faktor lain yang menyebabkan kurangnya daya pikir seseorang.

Bahkan remajapun bisa memiliki daya pikir yang lemah, karena tidak dilatih. Nah untuk melatih daya pikir kita, ada beberapa aktivitas yang dapat membantu. Sehingga kamu akan memiliki daya pikir yang bagus dan kuat.

8 Tips agar kamu memiliki daya pikir yang kuat

1. Keluar dari Zona nyaman

Jangan terlena dengan zona nyaman, karena itu bisa membunuh anda. Sesekali kamu harus mencoba hal baru, supaya otak dapat meresponnya. Lalu kamu akan mendapatkan informasi baru. Mislanya, rutinitas kamu adalah membaca buku sebelum tidur. Nah kamu bisa membaliknya menjadi baca buku setelah bangun tidur. Nanti kamu akan merasakan hal mana yang lebih nyaman, dan bagaimana efeknya untuk badan, serta cara berpikir kamu.

2. Bunuh pikiran negative

Pikiran negative sangat berbahaya jika itu berlebihan. Karena akan menyebabkan kamu selalu merasa harus waspada dan tidak tenang. Hal ini juga akan membuat hormone stress meningkat. Yang ada nantinya kamu yang bakalan dibunuh oleh pikiranmu. Sebelum itu terjadi, mari dahului untuk membunuh pikiran negative yang tidak perlu dipikirkan. Jikapun kita memikirkan hal yang negative, maka tuliskanlah dan cari cara untuk memperbaiki pikiran tersebut.

3. Membaca

selain menambah informasi dalam segi kognitif. Membaca juga dapat meningkatkan daya pikir seseorang. Karena mereka akan mencoba menganalisis apa yang dibaca sehingga mendapatkan kesimpulan yang komprehensip. Itu sebabnya membaca sangat bermanfaat, bahkan ia menyumbang manfaat untuk kesehatan.

4. Menari

Menari akan menambahkan daya pikir kamu, karena nantinya otak akan menyeimbangkan antara ingatan dan gerakan yang harus dilakukan.

5. Batasi waktu menonton tv

Menurut situs men’s health bahwa jika seorang laki laki yang menonton tv lebih dari dua jam sehari, maka mereka rentan terkena penyakit Alzheimer dibanding dengan mereka yang menonton tv kurang dari dua jam. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa terlalu banyak menonton tv bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. Maka dari itu, yuk mulai dari sekarang batasi mata untuk menonton tv, cari hal lain atau hobbi lain yang dapat membuat kamu lebih sehat dan segar.

6. Istirahatkan mata 7 jam sehari

Menurut Dr. Amen orang yang tidur selama 7 jam memiliki aktivitas otak yang signifikan, daripada mereka yang kurang tidur. Hal ini karena otak beristirahat penuh selama 7 jam, sehingga ketika bangun otak akan merespon lebih baik. Kurang tidurpun akan mengganggu kerja otak untuk konsentrasi, belajar dan mengingat.

7. Relaksasikan otak anda

Jangan lupa untuk istirahat sebentar ketika anda sudah bekerja. Otak akan merasa lelah jika terus-terusan bekerja, maka ia perlu 10-20 menit untuk beristirahat.

8. Siram pikiran anda dengan air

Maksud siram disini bukan kamu menyiram kepala dengan air. Tapi sering-seringlah kamu minum air. Supaya otak dapat bekerja tanpa kekeringan. Otak Anda adalah 80 persen air, dan jika tidak terhidrasi, neuron Anda tidak dapat melakukan dengan baik. Minum delapan gelas enam-ons air sehari dan menghindari alkohol yang berlebihan dan kafein.